Ketrampilan menjelaskan


Memberi penjelasan adalah menyajikan informasi yang diorganisasikan secara sistematik untuk menunjukkan suatu hubungan. Dalam proses pembelajaran ketrampilan menjelaskan bertujuan untuk membantu dalam mengembangkan daya nalar siswa. Misalkan :

  • Menjelaskan dalam kehidupan sehari – hari
  • Menjelaskan dalam kegiatan belajar

Alasan penjelasan diberikan :

  1. Dominasi guru di kelas
  2. Sajian berupa informasi
  3. Sajian kurang jelas
  4. Siswa perlu bantuan
  5. Keterbatasan sumber

Prinsip penggunaan penjelasan dalam pengajaran

  1. Penalaran bukan pada indoktrinasi
  2. Karakteristik siswa / latar belakang siswa
  3. Karakteristik tujuan menentukan sifat pendekatan materi yang disajikan
  4. Kebermaknaan / bagi siswa harus bermakna

Komponen – komponen ketrampilan menjelaskan :

  1. Kejelasan sajian ( ucapan, tujuan, pertanyan – pertanyaan yang dapat meningkatkan efektifitas penyajian )
  2. Penggunaan contoh dan ilustrasi ( konsep yang sulit dapat ditingkatkan dengan memberikan ilustrasi atau contoh – contoh yang tepat sebelum menarik generalisasi serta menghubungkan ide – ide yang sama dengan kata penghubung )
  3. Pemberian tekanan

Hal ini perlu dilakukan untuk memusatkan perhatian siswa kepada masalah pokok dan pemecahannya. Gaya mengajar, struktur kajian berupa ikhtisar, paraphrase, dan isyarat – isyarat

  1. Balikan

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman materi, mimik serta sikap siswa terhadap kejelasan yang diberikan, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s