Lari Gawang (Hurdles)


Lari gawang adalah lari cepat menempuh suatu jarak tertentu dengan melompati gawang-gawang yang tingginya diatur dalam peraturan perlombaan.

Gerakan lari gawang, baik itu lari gawang 110 m, 200 m, 400 m (untuk pria) atau 100 m (untuk wanita), sedapat mungkin harus dilakukan seperti pada gerakan lari cepat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan lari gawang adalah sebagai berikut:

1)   Bertolak dari jarak 1,95-2,15 meter di depan gawang

2)   Ayunan kaki ke depan seperti pada gerakan lari cepat dengan lutut yang tidak kaku

3)   Lengan diayunkan seperti gerakan lari cepat, lengan yang di depan didorongkan ke depan setinggi mata. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan

4)   Bengkokkan badan ke depan mendekat paha dari kaki yang diayun ke depan, sehingga pada waktu di atas gawang kepala tidak akan lebih tinggi daripada waktu lari cepat

5)   Ketika berada di atas gawang, kaki ditarik ke depan dengan gerakan yang beruntun, dalam posisi kaki terlipat, paha terbuka ke samping; telapaKkaki diputar ke arah luar, dan rata di atas gawang

6)   Setelah melewati gawang, kaki diturunkan dan mendarat kira-kira 1,05 -1;45 meter di depan gawang. Kaki dengan cepat ditarik ke depan agar langkah tetap lebar. Gerakan ini harus dilakukan dengan badan tetap condong ke depan

7)   Usahakan agar pada waktu melampaui gawang, titik tertinggi berada tepat di atas gawang tidak di depan atau di belakang gawang

8)   Mata memandang ke depan pada bagian atas gawang

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s