Rancangan Penelitian Korelasiona


Rancangan penelitian korelasional bermaksud untuk mengungkapkan hubungan antar variabel. Hubungan yang dimaksud adalah hubungan fungsional yang berdasarkan teori dan logika berfikir dapat diterima, sehingga korelasi yang dimaksud bukan hanya menghubungkan dua data yang tidak memiliki makna. Korelasi mengacu pada kecenderungan bahwa adanya variasi suatu variabel tertentu, maka akan diikuti oleh variasi variabel lain. Dengan demikian, dalam rancangan penelitian korelasional peneliti melibatkan paling tidak dua variabel.

Tujuan penelitian korelasional adalah untuk mengetahui kecenderungan ada tidaknya hubungan atau korelasi antar variabel. Dan jika ada hubungan, seberapa besar kekuatan hubungan (regresi) antar variabel tersebut. Hubungan antara variabel tersebut bersifat korelatif, yaitu hubungan yang menunjukan kecenderungan bahwa variasi suatu variabel diikuti oleh variasi variabel yang lain. Hubungan korelatif tersebut tidak dapat dipastikan bahwa hubungan variabel-variabel merupakan hubungan sebab-akibat.

Dalam penelitian korelasional melibatkan paling tidak dua variabel. Yaitu  tergantung (dependent variabel) dengan variabel-variabel bebas (independent variable). Variabel tergantung  disebut juga variabel terikat atau variabel kriterium, variabel bebas disebut juga variabel predictor. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar variabel digunakan teknik analisis korelasi. Arah hubungan antar variabel dapat berupa hubungan positif dan negatif. Arah hubungan positif terjadi jika naiknya skor variabel X selalu diikuti naiknya skor variabel Y atau jika turunnya variabel X selalu diikuti turunnya skor variabel Y. Arah hubungan negatif antar variabel terjadi jika naiknya skor variabel X akan diikuti turunnya skor variabel Y atau turunnya skor variabel X selalu diikuti turunnya skor variabel Y.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s