Sejarah Perkembangan Tennis


Pada tahun 1873, seorang tentara Inggris, Mayor Walter Ciopton Wingfield, memperkenalkan lawan ten­nis pada suatu pesta kebun di Wales. Permainan ini dimainkan di atas lapangan dengan not dan digantung tinggi. Menurut Mayor tersebut, permainan ini dianibil dari permainan Yunani Kuno. Olahraga ini membutuhkan kecepatan, ketangkasan, dan ketepatan rriemukul dan menempatkan bola.

Akhirnya olahraga ini menyebar ke seluruh dunia, melalui Amerika bagian timur. Tahun 1879, parmainan ini mulai dimainkan di atas lapangan kasar di Santa Monica, California. Selanjutnya permainan ini dipertandingkan di Wimbledon, yang dewasa ini diartggap sebagai ajang pertennisan paling bergengsi di dunia. Tetapi ketika itu, lapangan masih berbentuk bujur sangkar dan netnya direndahkan.

Di Indonesia tidak diketahui secara tepat, kapan permainan ini mulai populer. Tetapi pihak PELTI (Persatuan Tennis Indonesia) sepakat menetrapkan Dr. Holrep sebagai Bapak Tennis Indonesia. PELTI mulai berdiri di Semarang, untuk memisahkan diri dari organisasi orang-orang Belanda. Pimpinan PELTI yang pertama adalah Dr. R. Boentaran Martoatmojo.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s